Pengertian Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi, dan suara. Guna menyampaikan suatu pesan dan informasi, melalui media elektronik seperti komputer dan perangkat elektronik lainnya. Pengertian Multimedia Interaktif menurut beberapa ahli dijelaskan sebagai berikut:

1.      Menurut Robin dan Linda (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif adalah alat yang dapat menciptakan persentasi yang dinamis dan interaktif, yang mengombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video.

2.      Menurut Hofstetter (seperti dikutip Benardo, 2011), Multimedia interaktif adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Sebelum Anda memahami tentang multimedia interaktif, terlebih dahulu akan dibahas tentang pengertian multimedia. Multimedia adalah merupakan kombinasi dari teks, foto,seni grafis, suara, animasi, dan elemen-elemen video yang dimanipulasi secara digital. Ketika Anda mengizinkan pengguna akhir pemirsa dari proyek multimedia-mengontrol apa dan kapan elemen-elemen tersebut akan dikirimkan, multimedia disebut multimedia interaktif. (Tay Vaughan, 2004).

Berdasarkan pengertian tersebut dapat didefinisikan bahwa Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia.

Meskipun secara pengertian Mutimedia Interaktif sederhana tetapi untuk menjalankannya sangat kompleks karena harus banyak yang harus dipahami. Bagian input, proses, dan output dari produk multimedia interaktif tersebut adalah bagian yang perlu dipahami sebelum menjalankannya. Bagaimana setiap elemen dibuat dan dapat dijalankan sehingga dapat memahami keinginan dari pengguna.

Proyek multimedia merupakan peranti perangkat lunak yang berisi informasi, pengetahuan dan hasil yang ditampilkan dilayar komputer. Adapun proyek dapat diedarkan atau dijual kepada konsumen atau pengguna akhir biasanya dalam bentuk Compact Disk (CD) atau melalui internet. Media pendistribusian produk multimedia dapat melalui CDROM atau website / World Wide Web

Multimedia interaktif dimanfaatkan secara luas pada kehidupan masyarakat. Multimedia Interaktif dalam bisnis, aplikasi bisnis yang menerapkan multimedia interaktif adalah presentasi, demo produk, database, katalog, dan pemasaran. Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan/sekolah, antara lain presentasi, simulasi pembelajaran, CD pembelajaran, dan pembelajaran interaktif. Multimedia Interaktif dalam bidang rumah tangga, antara lain tutorial memasak, mendesain rumah, dan pemodelan ulang. Adapun pemanfaatan multimedia Interaktif di tempat umum contohnya informasi yang diletakkan di hotel, stasiun kereta api, dan mal perbelanjaan. Sekarang ini pemanfaatan Multimedia interaktif makin luas dengan adanya teknologi smartphone. Banyak sekali aplikasi yang dapat dimanfaatkan yang dapat kita download di Appstore. Contoh yang paling banyak adalah aplikasi buka lapak, aplikasi simulasi mengendarai pesawat terbang, dan lain sebagainya.

 

Jenis Multimedia Interaktif

Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut.

1.      Multimedia Interaktif Online Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan mencakup masyarakat luas.

2.      Multimedia Interaktif Offline Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya CD interaktif Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas, dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.

 

Manfaat Multimedia Interaktif

1.      Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan

Manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/khususnya pembelajaran sebagai berikut.

a.      Proses pembelajaran lebih menarik.

b.      Lebih interaktif.

c.       Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.

d.      Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan.

2.      Keunggulan Multimedia

Adapun keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran, antara lain sebagai berikut:

a.      Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.

b.      Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.

c.       Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.

d.      Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lainlain

e.      Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.

f.        Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

3.      Manfaat Multimedia Interaktif Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan media sebagai berikut.

a.      Promosi (Company Profile, Iklan).

b.      Tutorial (Panduan penggunaan alat).

c.       Hiburan (Game).

d.      dan lain-lain.

 

Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan berikut.

1)      Industri Kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, dan untuk seni komersial.

2)      Komersial Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.

3)      Hiburan dan Seni Rupa Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia, baik terdistribusi dalam CD-ROM maupun online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.

4)      Pendidikan Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi, seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.

5)      Teknik Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan, seperti pelatihan militer dan industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreativitas dan perangkat lunak.

6)      Perindustrian Disektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja, dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.

7)      Matematika dan Penelitian Ilmiah Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai teurtama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan dapat melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan dijurnal seperti Journal of Multimedia.

8)      Kesehatan Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

9)      Gambar Dokumen Pengambil foto copy/dokumen dan mengonversi ke dalam format digital.

 

Konsep Dasar Multimedia Interaktif

Produk multimedia berdasarkan karakteristiknya dibagi menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif/nonlinier. Multimedia linier merupakan produk multimedia yang dimulai dari awal menuju akhir dengan sedikit atau tanpa interaksi dengan pengguna contoh: televisi, film, majalah, dan koran. Adapun multimedia Interaktif/nonlinier adanya kontrol dengan pengguna.

Berdasarkan definisi tersebut, maka kunci utama dari Multimedia Interaktif adalah adanya pengguna yang dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan sistem secara baik. Proyek Multimedia Interaktif menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemrograman sehingga hasil yang didapat dapat berinteraksi dengan pengguna. Multimedia dibagi menjadi Komponen-komponen multimedia yang perlu diketahui adalah teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video.

Berikut level interaktivitas dalam pembelajaran berbasis Komputer.

1)      Umpan balik, merupakan tingkat interaktif yang paling rendah, berkaitan dengan tersedianya umpan balik terhadap tindakan pengguna yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, langkah-langkah penyelesaian masalah, pertanyaan, jawaban, tombol lanjut, dan lain sebagainya.

2)      Manipulasi, meliputi perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas tindakan pengguna, tingkat manipulasi menyediakan tanggapan yang fleksibel dengan bervariasi.

3)      Adaptasi, meliputi tanggapan yang disesuaikan dengan kebiasaan pengguna sebelumnya, secara dinamis menyesuaikan pilihan tugas pembelajaran, prosedur, danformat instruksional berdasarkan informasi tentang tindakan, serta kebiasaan pengguna sebelumnya secara online.

4)      Komunikasi, diwujudkan dengan lingkungan pembelajaran online dinamis yang fleksibel, tanggapan terhadap tindakan pengguna tidak ditentukan sebelumnya.

Model multimedia interaktif sebagai berikut.

a.      Model tutorial merupakan salah satu jenis model yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, tabel, definisi istilah, latihan, dan percabangan yang sesuai. Percabangan di sini dibentuk untuk berpindah atau bergerak sesuai pembelajaran berdasarkan jawaban atau respons pengguna terhadap materi dan pertanyaan-pertanyaan. Tujuan dari model tutorial untuk memberikan informasi, mengevaluasi/ pertanyaan-pertanyaan, dan adanya umpan balik sesuai dengan keinginan pengguna.

b.      Model drill and practice merupakan model yang tidak memuat materi tetapi langsung pada berlatih dan praktik sesuai dengan teori yang pernah diperoleh sebelumnya. Model ini menganggap bahwa konsep dasar telah dikuasai oleh pengguna sebelumnya dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumusrumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi daya tangkap mereka terhadap materi. Fungsi utama untuk memberikan latihan dan praktik sebanyak mungkin terhadap kemampuan pengguna.

c.       Model simulasi merupakan model yang disesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya yang dihadapi oleh pengguna dengan tujuan untuk memperoleh pengertian global tentang proses. Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuai dengan aslinya/nyatanya sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya.

d.      Model instructional games merupakan model yang berisi tentang tata cara menjalankan/ suatu prosedur menjalankan proyek multimedia Interaktif. Manfaat model ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memahami suatu prosedur. Seperti halnya simulasi, game pembelajaran, dan lain-lain.

e.      Model Hybrid merupakan gabungan dari dua atau lebih model multimedia interaktif. Contoh model hybrid adalah penggabungan model tutorial dengan model drill and practice dengan tujuan memperkaya kegiatan pengguna dalam memahami informasi/pengetahuan yang disampaikan pada multimedia interaktif. 6. Model Socratic merupakan model yang berisi percakapan atau dialog antara pengguna dengan komputer dalam natural language.

f.        Model Inquiry merupakan suatu sistem sebagai pangkalan data dan dapat dikonsultasikan dengan pengguna, pangkalan data berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna. 8. Model Informational menyajik an informasi dalam bentuk data daftar atau tabel. Informational sangat dibutuhkan sebagai sumber informasi yang menuntut interaksi sedikit dari pengguna.

 

Sumber : Rudi Nurcahyo, Lin Mulyati. 2019. ”DESAIN MEDIA INTERAKTIF SMK/MAK Kelas XII”. PT. KUANTUM BUKU SEJAHTERA ISBN : 978-623-7216-36-0.