Mata Pelajaran         : Animasi 2D dan 3D 

Jam Pelajaran           : 432 JP (@ 45 Menit)

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1 Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

4.1 Menyampaikan prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)

3.2 Menerapkan teknik pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D

4.2 Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D

3.3 Menerapkan teknik animasi tweening 2D

4.3 Membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening

3.4 Menerapkan teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D

4.4 Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D

3.5 Menganalisis elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D

4.5 Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D

3.6 Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi 2D

4.6 Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D

3.7 Memahami prinsip dasar menggambar latar

4.7 Membuat gambar latar

3.8 Memahami prinsip-prinsip dasar animasi.

4.8 Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam  produksi animasi

3.9 Menerapkan teknik produksi animasi 2D

4.9 Membuat produk animasi 2D

3.10 Melakukan evaluasi terhadap produk animasi 2D

4.10 Membuat review terhadap produk animasi 2D

3.11 Mengambarkan konsep dasar obyek 3D dalam sketsa rancangan

4.11 Membuat sketsa rancangan obyek 3D

3.12 Menerapkan Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface

4.12 Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface

3.13 Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface

4.13 Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface

3.14 Memahami Material pada obyek Sederhana 3D

4.14 Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D

3.15 Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi

4.15 Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi

3.16 Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam aplikasi 3D

4.16 Membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D

3.17 Memahami teknik Rendering pada obyek 3D

4.17 Menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D

3.18 Mengkreasikan produk animasi 3D menggunakan obyek-obyek sederhana

4.18 Membuat produk animasi 3D menggunakan obyek-obyek sederhana (Motion Graphic)

3.19 Mengevaluasi produk animasi 3D

4.19 Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi 3D